Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Kamis, 26 September 2013

Cara Mudah Membuat Lampu Motor Makin Terang

Cara Mudah Membuat Lampu Motor Makin Terang

Tingkatkan Nyala  Lampu Motor Anda
Tingkatkan Nyala
Lampu Motor Anda
Anda Memiliki Motor Baru, dan merasa lampu besarnya nyalanya kurang terang, Ada cara simple dan sederhana untuk meningkatkan kualitas penerangan lampu motor anda, salah satunya hanya dengan mengganti bohlam, ya mengganti bohlam utama anda dengan bohlam halogen yang kualitasnya lebih baik dari bohlam standar pabrik ( yang kadang kadang malah harganya lebih mahal dari bohlam halogen after market). ( Konon bohlam Orisinil produk punya Honda di AHHAS konon mencapai harga puluhan rupiah, dengan duit sebesar itu anda hanya mendapat bohlam biasa - non halogen )
Seperti UU Lalulintas yang baru ini tentang Light On, maka anda akan semakin sering berurusan dengan bohlam, Bohlam lampu besar anda tentunya akan semakin cepat putus. dan ketika bohlam anda putus cobalah untuk menganti bohlam dengan bohlam after market, dan coba rasakan beda nyalanya pada waktu malam hari.

Macam Macam Bohlam

Macam Macam Bohlam
Macam Macam Bohlam
Coba Anda Amati Gambar Disamping ini:
A. Bohlam A adalah bohlam halogen merk Federal, Harga Jual sekitar 10ribu sampai 15 ribu tergantung Penjual. Anda Tahu bukan Federal adalah Anak perusahan dari Astra,
B. Bohlam Halogen Merk Osram. Harga sekitar 10-15 Ribu Rupiah.
C. Adalah Bohlam Halogen juga tapi Merk Abal Abal Harga berkisar mulai dari 4ribu rupiah sampai 8 ribu rupiah.
D. Sedangkan Bohlam D adalah Bohlam Tipe Biasa bawaan asli motor yang akan kita ganti.
Anda bisa membeli jenis bohlam sesuai dengan macamnya, biasanya untuk motor sekarang memakai bohlam jenis Kaki satu, Mulai dari varian skutik sampai motor jenis bebek. Sebagai Saran Pakailah Bohlam penganti yang bermerk bagus (Osram) ( Maaf Saya bukan sales Osram dan juga bukan agen Osram, hanya sharing saja )

Perbedaan Bohlam Bagus dan Abal Abal

Detail Halogen Bagus dan Abal Abal
Detail Halogen Bagus dan Abal Abal
Coba anda sekali lagi mengamati gambar bohlam disamping, dari gambar disamping kiri yang ( A ) adalah bohlam merk Osram sedang yang sebelah Kanan ( B ) adalah Bohlam Halogen merk Abal Abal yang berharga murah.
Perhatikan detail dari Filamennya ( Kawatnya ) Pada bohlam Osram akan tampak filamen Kawat Pijar bohlam tertata dengan Rapi dan Simetris. Sedangkan pada bagian yang Kanan Tampak Filamen tidak beraturan dan letaknya tidak fokus ditengah bohlam.
Kelihatannya sepele bukan, Tapi dengan letak Kawat yang tidak beraturan pada akhirnya akan mempengaruhi titik Fokus dari Bohlam itu sendiri, Makanya jangan heran bila kadang ketika anda ganti bohlam dibengkel lalu diberi bohlam biasa dan ketika malam hari anda terkejut karena ternyata bias lampu tidak sesuai harapan atau berbeda dengan waktu sebelum bohlam anda putus/ diganti. Selain itu bohlam yang bagus akan menjamin umur penerangan yang lebih panjang.

Tips Memperpanjang Usia Bohlam

Anda Tahu bukan bahwa Bohlam lampu motor anda biasanya terdiri dari Dua Filamen yaitu jarak dekat dan jarak Jauh, dimana jarak dekat dan jarak jauh masing masing meiliki filamen tersendiri ( separated Filamen ) dan perlu anda ketahui bahwa umur dari filamen tersebut berdasarkan dari waktu nyala ( dalam Jam )
Cobalah anda pakai Trick ini,
Waktu motor anda dipakai pada Siang Hari nyalakanlah Lampu besar dengan memakai Lampu Jauh ( High Beam).
Cara ini bertujuan Ketika Siang hari anda memakai Lampu Jauh sedangkan ketika malam hari ketika anda membutuhkan penerangan biasanya yang terpakai adalah lampu dekat bukan. Jangan kuatir pemakaian lampu Jauh pada siang hari tidak akan menyilaukan pengendara didepan anda ( hal ini berbeda kalau anda memakai lampu high pada malam hari.

Semoga Bermanfaat

25 komentar:

  1. loh kok idenya sama nih, sejak diberlakukan nyalain lampu besar siang hari, aku dah nyalain lampu jauh, dulu masih pake jupiter MX (2006), secara lampu jauh kalo malem jarang dinyalain, maksudnya biar hemat bohlam .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, karena pelanggan dibengkelku kalau ganti bohlam pasti yang putus yang pendek, makanya nasehat ini selalu tak kasihkan ke customerku :)

      Hapus
    2. Tapi klo pke lampu jauh tegangan yg d pake lbih besar,akan berdampak ke baterai,

      Hapus
    3. Tapi klo pke lampu jauh tegangan yg d pake lbih besar,akan berdampak ke baterai,

      Hapus
    4. pas pake megapro lama ori 36/35 watt udah 5 th putus ganti osram 35/35 watt jadi jauh dekat wattnya sama /selisih sedikit

      Hapus
  2. berarti ya gan...sangat mbembantu

    BalasHapus
  3. •-̶̶•̸Ϟ•̸ °•·· τнäиκ чöü ··•° •̸Ϟ•̸-̶ infonya gan, emang bener osra* paaling terang,lampu osra* ane pernah putus,trus nyari kebengkel cuma jual feder** terpaksa ane beli. ternyata waktu malam hari jalan seperti ga pake lampu...haeduh..

    BalasHapus
  4. om Iwan, klo buat Supra X 125 yg lampu ganda, itu kan 18W X 2, kalau mau ganti bohlam merk lain apa yg recommended utk watt segitu? Kabarnya Osram cuma ada 25 W, klo dikalikan 2 kan berarti tekor 14W --> (25 x 2) - (18 x 2) = 50 - 36 = 14W.
    mohon masukannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gmn caranya lampu Supra 125 lebih terang

      Hapus
    2. Osram yang 18 watt ada saya baru beli saat ini saya pakai di Supra X 125 karbu

      Hapus
  5. Nais inpoh... keep posting gan...

    BalasHapus
  6. osram warna lampunya ada yang kuning atau emang kuning

    BalasHapus
    Balasan
    1. warna lampu osram ada 3 macem
      1. warna standar putih
      2. warna kuning fungsi untuk daerah yg berkabut
      3. warna biru lampu terang tidak silau

      Hapus
  7. Lepas aja kabel lampu jauhnya... Jadi saat siang saklar posisi lampu jauh pd posisi ini lampu mati... Dan akan hidup pd saklar lampu dekat aja... Jd bisa grant kan walaupun lampu jauh tdk difungsikan lg...

    BalasHapus
  8. BOLAM AWET, TERANG TAHAN LAMA
    Silahkan beli punya New Megapro di bengkel resmi honda harga Rp.135.000
    Merk Philip HB harga Rp. 230.000

    BalasHapus
  9. IL MOTOR LUBUK BEGALUNG dapat kan barang nya di bengkel spare part kami. lokasi : di depan central motor yamaha lubeg / di sebalah radio pesona 105 fm.
    PADANG
    HP:085264100020
    pin bb:29d4b762

    KHUSUS BAN FDR DISKON HARGA 10%

    BalasHapus
  10. Kalo siang pake lampu jauh, kalo malem pake lampu dekat.

    Makasih om sarannya :D

    BalasHapus
  11. Terima kasih boss, baru kepikiran kalo siang pake lampu jauh kalo malam pake lampu dekat.

    BalasHapus
  12. Terima Kasih Gan atas saran dan Infonya..

    BalasHapus
  13. klo beat esp pakai lampu bohlam osram bisa gk....

    BalasHapus
  14. klo beat esp pakai lampu bohlam osram bisa gk....

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Gan minta infonya cara pasang lampu utama yg bener aku pake osseram yg kuning aku pake Mx 2006 terima kasih.

    BalasHapus
  17. Gan minta infonya cara pasang lampu utama yg bener aku pake osseram yg kuning aku pake Mx 2006 terima kasih.

    BalasHapus
  18. Ada yang lebih terang dari osram tapi aku gak tau merknya. Secara kasat mata aku lihat ukuran lampu nya lebih besar dari pada osram halogen.

    BalasHapus