Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Senin, 21 Oktober 2013

Membuat Busi Sejenak Hidup Kembali

Membuat Busi Sejenak Hidup Kembali

Busi Baru dan yang sudah dipecah keramiknya
Busi Baru dan yang sudah
dipecah keramiknya
Anda Memiliki motor atau mobil bensin, Kadang dengan berjalannya waktu mesin telah menjadi aus lalu oli pun menjadi terbakar ( bocor kompresi ) nah ketika mesin anda bocor kompresi dan olie mesin ikut terbakar ke ruang mesin, maka bagian yang paling menderita adalah busi, Ya Busi dalam keadaan pembakaran normal dia memiliki umur yang tak terbatas ( sampai electrodanya habis ) dan dengan pembakaran yang sempurna sebuah busi bisa membersihkan dirinya sendiri, jadi kita tidak perlu repot membersihkan busi, paling secara berkala kita harus membukanya untuk mengatur kembali kerenggangan kutubnya sesuai spesifikasi dari mesin anda.
Yang jadi masalah ketika mesin anda aus dan olie terbakar maka olie hasil pembakaran + olie mesin akan menghasilkan kerak. dan kerak itu lama lama akan menutupi kutub electroda busi, sehingga ketika tertutup maka aliran arus listrik akan terhambat dan memaksa arus busi untuk mencari jalan pintas dengan memercik dari samping antara ujung busi dengan lapisan keramik. ketika terjadi itu maka dapat dikatakan bahwa busi tersebut telah mati ( konsleting ) walau masih memercikkan api.
Yang jadi masalah bila anda waktu bepergian dan ternyata kendaraan anda mogok dijalan yang sepi, jauh dari bengkel, atau di tengah malam. tentu akan gawat bila anda tidak memiliki cadangan busi. Untuk itu jangan panik ada solusi dari montir montir jadul untuk mengatasi busi yang mati dijalan. ( Darurat ya )

Begini langkah-langkahnya :

Menghancurkan Keramik Busi
Menghancurkan Keramik Busi
1. Gambar 1 nampak contoh busi yang menghitam karena pembakaran tidak sempurna akibat mengandung olie. ( Dalam hal ini jenis Motor 2 Tak yang memakai Olie samping juga kasusnya sama, bisa mengunakan cara ini. ( Mesin 2 Tak yang olinya samping terlalu pekat campurannya juga bisa mengakibatkan deposit arang yang bikin busi cepat mati)).
2. Ambilah Obeng minus dan posisikan seperti gambar 2. Lalu dengan sengatak silahkan pukul dengan keras pangkal obeng minus searah tegak lurus. nanti keramik busi akan pecah.
3. Atau anda bisa mengunakan tang silahkan tekan keramaik dengan posisi seperti akan memotong, tapi ingat hati hati jangan sampai memotong atau merusak electroda negatif busi.
4. Adalah gambar busi yang sudah dipecah. mudah bukan.
Anda bisa sekedar membaca kembali artikel mengenai busi ) 
 ( Artikel Kode Busi dan Lain Lain (Klik disini)  )

Semoga Bermanfaat

1 komentar:

  1. artikel yang sangat bermanfaat bagi saya, tapi, maksimal berapa lama ketahanan memakai busi yang keramiknya dipecah ? katanya lebih boros minyak yah ? bisa anda jelaskan ?

    BalasHapus