Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Sabtu, 28 September 2013

Mengganti Rantai & Geer Keukuran Yang Lebih Besar

Mengganti Rantai & Geer Keukuran yang Lebih Besar 

Sekilas Perkembangan Geer dan Rantai Motor

Gambar Rantai dan Geer
Gambar Rantai dan Geer
Pada Awal dekade tahun 70-an dan 80-an, Dikenal ada dua jenis Rantai sepedamotor yaitu Rantai Motor Kecil untuk kendaraan Bebek dan Rantai yang lebih Besar untuk motor Sport ( motor lelaki istilah jaman dahulu )
Jadi jangan heran pada waktu itu bila motornya jenis Bebek, Misalnya Suzuki FR 80, Yamaha V-75, V-80, Super Deluxe, Honda C70 Honda C700, Astrea 800 dan Astrea Star, Jenis motor motor itu memakai Rantai jenis ukuran kecil atau kode Rantai 420.
Sedangkan motor Sport waktu itu macam Honda CB, GL, Honda 90z, Honda Benli, CG, Yamaha RX-100, RX-S, RX-K / King, L2-S, LS3, Yasi , Suzuki A-100, Suzuki GT/GP, Kawasaki GTO dan lain lain memakai rantai lebih besar dengan kode Ukuran 428. Sedangkan motor dengan CC yang lebih besar macam Honda Tiger memakai Rantai yang lebih besar yaitu ukuran 520.
Pada Perkembangan selanjutnya setelah keluar jenis motor Bebek berdaya dan CC lebih Besar Seperti Astrea Prima, Yamaha alfa, Suzuki RC 100/ Crystal lalu pabrikan memasang Rantai jenis 428 kedalam Motor bebek tersebut.
Akan Tetapi entah dengan alasan apa, yang kita tidak perlu ketahui dan pikirkan karena udah terjadi ketika Pabrikan mengeluarkan motor terbaru macam Honda Bebek Kharisma, Supra X 125, Yamaha Vega ZR dan lain lain pabrikan malah menurunkan kembali ukuran Rantai menjadi ukuran 420.

Subsitusi dari 420 ke 428

Detail Rantai 420 dan 428
Detail Rantai 420 dan 428
Coba anda Amati Gambar disamping, Gambar itu menunjukkan perbedaan dimensi dan besar dari Rantai dan Geer antara jenis 420 dan 428, Secara kebetulan rantai 420 memiliki dimensi dan panjang yang sama dengan 428 hanya memiliki ketebelan yang berbeda.
Bagi anda pemilik motor bebek yang ukuran rantainya 420 bisa kok bila waktu tiba saatnya ganti Rantai beserta Geernya maka anda bisa memakai atau mengganti dengan Rantai yang ukurannya lebih besar ( tentunya pengantian juga beserta Geernya ).
Sedangkan Gambar dibawahnya adalah gambar sambungan rantai dari Tipe 420,428 dan 520 ( hanya sebagai pembanding agar anda lebih jelas dimensi nya )
Misal saja
- Yamaha V80/ Superdeluxe bisa disubsitusi dengan Milik Yamaha Alfa atau RX-K ( tinggal disesuaikan besar kecilnya Geer depan belakang ( Rasio Gigi ).
- Honda Astrea 800/Star bisa anda ganti dengan milik Honda Astrea Prima/ Grand
Sambungan Rantai 420, 428 dan 520
Sambungan Rantai 420, 428 dan 520
- Honda Kharisma dan Honda Supra X 125 bisa Diganti dengan Geer Rantai ukuran yang lebih besar misl punya Honda Supra Fit ( honda Supra Fit masih memakai ukuran 428 dengan Geer yang sama).
- Honda Revo yang kebetulan memiliki Panjang Rantai lebih panjang yaitu 106 mata bisa juga memakai geer dari Supra Fit hanya anda harus menambah panjang rantai 2 mata ( membeli Rantai yang lebih panjang tentunya)
Bila kesulitan anda bisa berkonsultasi dengan Toko atau bengkel tempat anda membeli Geer Set tersebut.
http://yamatoikwan.blogspot.com/

Semoga Bermanfaat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar